Minggu, 04 November 2012

Penerapan Telematika di bidang E-news dan GPS


Telematika adalah singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika.Secara harfiah, telematika berasal dari bahasa perancis “telematique” yang merujuk pada bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Teknologi Informasi sendiri dapat diartikan sebagai sarana/prasarana, sistem, dan metode untuk perolehan, pengiriman, penerimaan, pengolahan, penafsiran, penyimpanan, pengorganisasian, dan penggunaan data yang bermakna. Para praktisi menyatakan “telematics“ adalah singkatan dari “telecommunication” and “informatics” sebagai wujud dari perpaduan konsep computing and communication. Istilah telematics juga dikenal sebagai “the new hybrid technology” yang lahir karena perkembangan teknologi digital. Perkembangan ini memicu perkembangan teknologi telekomunikasi dan informatika menjadi semakin terpadu (konvergensi). 
  • E-Goverment
E-Goverment adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan pelayanan dan informasi bagi masyarakatnya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan.Dengan E-Goverment pemerintah dapat bekerja melalui sarana internet dengan tujuan dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan lebih mudah yang dapat di akses oleh komputer dimana saja , selain itu juga pemerintah dapat meningkatkan interaksi tidak hanya antar pemerintah dengan masyarakat tetapi juga sesama unsur pemerintah dalam lingkup nasional, bahkan internasional.Pemerintahan tingkat provinsi sampai kabupaten kota, telah memiliki situs online, contohnya adalah DPR, DKI Jakarta, dan Sudin Jaksel. Isi informasi dalam e-goverment, antara lain adalah profil wilayah atau instansi, data statistik, surat keputusan, dan bentuk interaktif lainnya.
  • E-commerce
E-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik.Pada E-commerce semua kegiatan perdagangan dari awal sampai akhir seperti pemasangan iklan pada berbagai situs atau web, membuat pesanan atau kontrak, pembayaran, mengirim dokumen, sampai membuat claim.prinsip e-commerce adalah transaksi jual beli, wilayah E-commerce bisa sampai pada perdagangan internasional, seperti pengiriman software, perpajakan, perbankan, dan sebagainya, Contoh dalam kawasan E-commerce ini adalah toko online, baik itu toko buku, pabrik, kantor, dan bank (e-banking). Untuk e-banking, sudah banyak bank yang melakukan transaksi melalui mobile phone, ATM (Automatic Teller Machine – Anjungan Tunai Mandiri), bahkan membeli pulsa.Dengan E-commerce dapat sangat menunjang usaha kita dalam perdagangan, karena produk dan segala kualifikasi produk kita bisa dengan mudah diinformasikan kepada orang banyak.
  • E-learning
E-learning merupakan singkatan dari Elektronic Learning, yang merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya.contohnya adalah web kampus atau sekolah, hampir semua sekolah ataupun unversitas di indonesia memliki website sendiri, dengan tujuan dapat mempermudah pelajar atau mahasiswa mendapat informasi mengenai hasil perolehan belajar berupa nilai secara online, materi pelajaran, tugas, mempermudah pengiriman tugas, atau informasi yang dibutuhkan untuk proses belajar mengajarnya.

E-news juga sama pada seperti media pada masa sebelum berkembangnya telematika. Namun semenjak berkembangnya media pada telematika (multimedia) maka berita lebih mudah kita akses dengan internet.


Global Positioning System (GPS)

Global Positioning System atau yang lebih dikenal dengan GPS merupakan sistem navigasi satelit yang dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US DoD = United States Department of Defense). GPS memungkinkan kita mengetahui posisi geografis kita (lintang, bujur, dan ketinggian di atas permukaan laut). Jadi dimanapun kita berada di muka bumi ini, kita dapat mengetahui posisi kita dengan tepat.

  • Macam-macam bentuk implementasi telematika:
  1. Pada  aplikasi keselamatan dan keamanan seperti SOS, Kontrol Jarak Jauh, Tracking Otomatis dan lain-lain. 
  2. Sistem navigasi seperti informasi Trafiki, Cuaca, GPS dan lain-lain. 
  3. Komunikasi seperti Handfree, SMS dan MMS, Video Call dan lain-lain.
  4. Hiburan seperti Musik, Video, Game dan lain-lain. 
  5. Kesehatan seperti Respon Kecelakaan, Rekam Medis, Manajemen Sumber Daya, Konsultasi Jarak jauh dan lain-lain.
  6. Pemerintahan seperti Layanan Kependudukan, Catatan Sipil, SIM dan lain-lain.
sumber: http://kombinasi.net/apa-itu-telematika/ 
http://illnevergiveup.net/penerapan-telematika-di-berbagai-bidang/#_ 
http://ndohebat.blogspot.com/2012/10/perkembangan-telematika-dalam-e-news.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;