Minggu, 04 November 2012

ERP pada Compiere


ERP (Enterprise Resources Planning) adalah sebuah sistem informasi perusahaan yang  dirancang untuk mengkoordinasikan semua sumber daya, informasi dan aktifitas yang diperlukan untuk proses bisnis.
Sistem ERP didasarkan pada database dan rancangan perangkat lunak modular. ERP merupakan software yang mengintegrasikan semua departemen dan fungsi suatu perusahaan ke dalam satu sistem komputer yang dapat melayani semua kebutuhan perusahaan.

Compiere adalah salah satu piranti lunak Enterprise Resource Planning (ERP) berbasiskan Open Source yang dapat diimplementasikan pada perusahaan, terutama perusahaan distribusi. Bahkan Lilian Too yang merupakan pakar FengShui menggunakan sistem ini untuk distribusi semua produk FengShui-nya, keseluruh dunia. Contoh lainnya, dengan menggabungkan teknologi Compiere versi HTML dan Compiere versi Desktop, Badan Urusan Logistik (Bulog) Malaysia menggunakan Compiere untuk implementasi beras di Malaysia. Sedangkan di Indonesia, beberapa perusahaan manufaktur di Indonesia sudah banyak yang menggunakannya. Compiere dilengkapi dengan beberapa fitur, semisal Inventory Management, Purchasing, Sales Order, Account Payable, Account Receivable dan General Ledger sebagai pondasinya.

Tampilan awal Compiere




Menu - menu Compiere

Di Compiere, Business Partner adalah suatu entity (badan/pihak) yang melakukan bisnis dengan perusahaan. Ada tiga jenis Business Partner yang berbeda : Vendor (Pemasok), Customer (Pelanggan) Dan Employee (Karyawan). Konsep Business Partner Compiere jauh lebih fleksibel dibanding kebanyakan aplikasi, karena suatu Business Partner bisa merupakan suatu Vendor, suatu Customer, suatu Employee atau kombinasi ke tiganya. Pendekatan ini juga memudahkan kendali akses untuk fungionalitas “self-service’ dan mengijinkan analisa regional dan optimisasi pengiriman.


Product di dalam Compiere adalah sesuatu yang anda jual dan/atau beli, atau sesuatu yang anda simpan dan mempunyai suatu Harga. Contoh Produk adalah:
• Items (barang)
• Services (jasa)
• Resources (sumber daya)
• Expense Types (jenis pembiayaan)


Seperti halnya Purchase Order, di Compiere Sales Order adalah opsional, artinya bisa digunakan ataupun tidak, karena Anda masih bisa membuat suatu Invoice dari Shipment yang Anda kirim
(tanpa harus membuat Sales Order). 


Shipment yaitu form yang berisi data pengiriman kepada customer. Berisikan nomor order, tanggal barang sampai dan terkirim. 



Sumber:
http://ndohebat.blogspot.com/2012/10/erp-pada-compiere.html
http://inet.detik.com/read/2006/07/04/111059/628747/447/compiere-software-erp-handal-yang-open-source
http://blog.alphamedia.co.id/2008/04/product.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;