Minggu, 20 Mei 2012

Teknik Terbaik Pembatasan BBM


Menteri ESDM Jero Wacik menjelaskan, rapat membicarakan pengendalian dan pembatasan BBM untuk menjaga kuota BBM pada angka 40 juta kiloliter. “Ada lima langkah. Pertama mengenai kendaraan dinas pemerintah. Ini akan keluar Kepmen ESDM, sudah disetujui oleh Presiden,” kata Wacik kepada wartawan.

Menurutnya, pembatasan dengan cara melarang kendaraan dinas menggunakan premium bersubsidi, secara bertahap di Jabodetabek, dan kemudian Jawa Bali. Aturan itu termasuk bagi kendaraan BUMN, dan BUMD. Untuk pembatasan itu, pemerintah menyiapkan alat kontrol untuk membedakan kendaraan dinas dan kendaraan pribadi.

Kedua, adalah kendaraan di pertambangan dan perkebunan. Kendaraan ini juga tidak boleh menggunakan solar bersubsidi karena sudah disediakan pertamina khusus pertambangan dan perkebunan, pemda diminta untuk membantu mengawasi.

Ketiga, menjalankan konversi BBM ke BBG. “Dalam hal ini kami sudah mulai lakukan. Kita akan tambah SPBBG, tambah gasnya, konverter kit disiapkan,” tegas Wacik.

Keempat, PLN dilarang membangun pembangkit baru berbasis BBM, pindah ke batu bara, gas, geothermal, energi matahari, sehingga bisa hemat menghemat BBM.

Kelima, penghematan listrik di gedung-gedung pemerintah, penggunaan listrik dan air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;