Rabu, 09 Januari 2013

Virtualitation


Dalam ilmu komputer, virtualisasi (bahasa Inggris: virtualization) adalah istilah umum yang mengacu kepada abstraksi dari sumber daya komputer. Definisi lainnya adalah "sebuah teknik untuk menyembunyikan karakteristik fisik dari sumber daya komputer dari bagaimana cara sistem lain, aplikasi atau pengguna berinteraksi dengan sumber daya tersebut. Hal ini termasuk membuat sebuah sumber daya tunggal (seperti server, sebuah sistem operasi, sebuah aplikasi, atau peralatan penyimpanan terlihat berfungsi sebagai beberapa sumber daya logikal; atau dapat juga termasuk definisi untuk membuat beberapa sumber daya fisik (seperti beberapa peralatan penyimpanan atau server) 
terlihat sebagai satu sumber daya logikal.

Jenis virtualisasi perangkat-keras meliputi:
  • Para-Virtualisasi:  Perangkat keras tidak disimulasikan tetapi perangkat-lunak tamu berjalan dalam domainnya sendiri seolah-olah dalam sistem yang berbeda. Dalam hal ini perangkat-lunak tamu perlu disesuaikan untuk dapat berjalan.
  • Virtualisasi Sebagian: Tidak semua aspek lingkungan disimulasikan tidak semua perangkat-lunak dapat langsung berjalan, beberapa perlu disesuaikan untuk dapat berjalan dalam lingkungan virtual ini.
  • Virtualisasi Penuh: Hampir menyerupai mesin asli dan mampu menjalankan perangkat lunak tanpa perlu diubah.

Keuntungan Menggunakan Virtualisasi

Saat ini perusahaan TI yang intensif harus selalu melihat perkembangan untuk teknologi terbaru yang memungkinkan perusahaan untuk berjalan dengan sumber daya yang lebih sedikit sementara menyediakan infrastruktur untuk memenuhi kebutuhan pelanggan hari ini dan masa depan. Virtualisasi menggunakan Intel Virtualization Technology adalah teknologi canggih informasi perusahaan. Intel bekerja erat dengan VMware, XENSource, Jaluna, Parallels, tenAsys, VirtualIron, RedHat, Novell dan pengembang VMM lainnya.
  1. Konsolidasi Server
  2. Pengujian dan pengembangan
  3. Load Balancing Dinamis dan Pemulihan Kerusakan 
  4. Virtual Desktops
  5. Improved System Reliability and Security
Sumber: 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;