Rabu, 09 Januari 2013

Application Programming Interface (API)


(Application Programming Interface) Sebuah bahasa dan format pesan yang digunakan oleh sebuah program aplikasi untuk berkomunikasi dengan sistem operasi atau program kontrol lainnya seperti sistem manajemen database (DBMS) atau protokol komunikasi. API diimplementasikan dengan menulis panggilan fungsi dalam program, yang menyediakan hubungan ke subrutin yang diperlukan untuk eksekusi. Dengan demikian, API menyiratkan bahwa modul driver atau program yang tersedia di komputer untuk melakukan operasi atau perangkat lunak yang harus terhubung ke dalam program yang ada untuk melakukan tugas.

API untuk sistem operasi dapat menjadi sesuatu yang membingungkan, terutama panggilan ke rutinitas antarmuka pengguna untuk menampilkan isi pada layar. Ada lebih dari seribu API panggilan dalam sistem operasi full-blown seperti Windows, Mac atau Unix. Lihat fungsi dan antarmuka.

Perangkat lunak yang menyediakan fungsionalitas yang dijelaskan oleh API dikatakan sebuah implementasi dari API. API sendiri adalah abstrak, dalam hal menentukan antarmuka dan tidak terlibat dengan rincian pelaksanaan.
Sebuah contoh yang baik dari API akan menjadi layanan web antarmuka, seperti API yang disediakan oleh Google untuk layanan pemetaan.




Sumber:
http://www.pcmag.com/encyclopedia_term/0,2542,t=application+programming+interface&i=37856,00.asp
http://wiki.dreamhost.com/Application_programming_interface

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;